Rabu, 06 Agustus 2014

Tebing Keraton

Beberapa orang mungkin akan terlihat heran atau mungkin juga bingung setelah mendengar nama tempat ini. Tempat ini dibilang sedang ramai diperbincangkan di kalangan anak kekinian. Namanya cukup unik kalo saya denger "Tebing Keraton." Saya juga sempet heran kenapa namanya kaya gitu. Disini saya akan mengulas perjalanan saya menuju tempat ini dan panduan perjalan menuju tempat ini. Jadi jangan lewatkan setiap kata yang saya tulis (--,)

Berawal dari "Path" yaitu sosial media yang akhir-akhir ini lagi buming di kalangan anak kekinian, sosmed ini seakan menjadi penyalur hasrat mereka untuk pamer semua kehidupan private mereka. Foto selfie, check in tempat, denger lagu apa!?, nonton apa dan lagi sama siapa. But wait.. Check in di suatu tempat adalah yang paling sering dilakuin sama anak kekinian.

Dari beberapa temen di "Path" mereka check in di suatu tempat yang namanya Tebing Keraton, gak cuma di "Path," saya juga nemu beberapa foto yang hastag-nya #vsco atau #vscocam atau semacam gitu lah yang nunjukin tempat yang sama, yaitu Tebing Keraton. Jadi the big deal is apa sih sebenernya Tebing Keraton itu!?


Tebing Keraton adalah sebuah tempat di Bandung, daerah Lembang.Itu pun kata Google Earth. Mau nyangkal gimana lagi, Google emang paling tau deh. Tempat ini adalah sebuah tebing yang curam banget dan cocok kalo di jadiin tempat buat bunuh diri atau tempat bawa gebetan atau pacar. Kamu bakalan terpesona sama pemandangan di tempat ini karena hampir sekeliling gunung yang ada di Bandung keliatan. Yang lebih penting, kamu harus hati-hati karena tempat ini masih sedikit berbahaya soalnya belum ada pengamanan di sekeliling tebing. Cuma ada kayu yang di tancep-tancep buat nandain daerah bahaya. Oh iya, tempat ini masih di kelola sama warga sekitar, pemerintah daerah belum turun tangan jadi ya gitu deh, daerahnya masih sepi, ga ada tiket khusus buat masuk tempat ini. Paling cuma bayar parkir aja kalo bawa kendaraan pribadi.

Penasaran Tebing Keraton itu kaya gimana? Pasti beberapa dari kamu ada yang langsung search di Google juga. Ya gak jauh kaya gini...

Hak Cipta Foto by Randy Septian Sasratopano.
Panduan Jalan ke Tabing Keraton ada di bawah. Scroll Terus sampe bawah dude.















Yup, kurang lebih seperti itu lah penampakan sekaligus pemandangan yang bisa kamu nikmati kalo ke tempat ini. Foto yang paling akhir di ambil pas jam 18:47 WIB ya, maenin DSLR pake teknik Long Expusure dikit biar dapet oleh-oleh foto landscape.

Panduan Perjalanan.

Buat sampe ke tempat ini mudah banget. Tapi kalo buat kamu yang kaum awam pasti bingung. Sama kaya saya yang sempet nyasar. Paling enak kalo kamu punya GPS, jadi punya pegangan arah, biar gak salah jalan juga. Nanti saya kasih panduan Google Earth juga but secara teori, halahh, pake teori segala.. Kamu harus..

Menemukan Terminal Dago, patokan yang utama. Biar mudah dan gak salah arah juga, kalo misalkan gak tau, coba tanya ke warga Bandung. Kalo udah ketemu Terminal Dago, kamu terusin perjalanan, kurang lebih 400 meter ke depan bakal nemu persimpangan. Disitu kamu ambil kanan, lanjut dikit nanti kamu bakal nemu Alfamart di sebelah kiri jalan. Gak jauh dari situ nanti ada persimpangan lagi yang nunjukin ke arah kiri yaitu THR H. Juanda ( Taman Hutan Raya ). 

Kalo cape istirahat dulu, minum dulu.

Patokan selanjutnya yaitu kamu harus nemuin THR H. Juanda. Inget ya jangan kemana-mana lagi patokannya. Kalo kamu udah sampe di THR H. Juanda, kamu lanjut lagi kira-kira 200 meter ke depan bakal ada persimpangan. Belok kanan, yaitu ke arah Jalan Bukit Pakar Utama/ Bumi Herbal Dago. Katanya di persimpangan ini ada Warung Bandrek, nanti juga kamu bakal liat plang nama jalannya.

Siapin mental.

Zona aman, tinggal lanjut jalan dan lurus terus sampe mentok. Lanjut lagi perjalanan, kamu harus siapin mental kamu, karena nanti kamu bakal lewatin rumah-rumah BESAR gedong gitu lah terus jalanan yang rusak dan berbatu sampe pelan-pelan kaya jalan off road udah gitu kamu juga bakal lewatin jalan yang sepi kaya hutan-hutan gitu dan melewati beberapa perkampungan warga. Siapin muka manis dan senyumnya kalo papasan sama warga, karena kita adalah pendatang. Kalo misalkan kamu ragu coba tanya warga sekitar aja ke arah Tebing Keraton, mungkin ada beberapa yang tau atau gak tau, ya keep try aja pokonya. Sampe nanti kamu mentok ada belokan tajem ke kiri gak jauh dari pemukiman warga dengan jalan berbatu gitu kamu bakal sampe ke tujuan.

Kurang jelas, ini saya kasih maps nya deh.





Nah, kurang lebih kaya gitu maps untuk menuju ke lokasi Tebing Keraton. Coba aja di liat ulang sampe tau persis posisinya disebelah mana.

Beberapa tips penting yang mungkin kamu butuh sebelum mutusin buat pergi ke tempat ini bakal saya ulas. Prepare sebaik mungkin kondisi badan, bawa jaket agak tebel karena ditempat ini cukup dingin. Bawa makanan sendiri bakal lebih asoy. Kalo buat out fit gak usah ribet, yang penting nutupin aurat, biar gak masuk angin ya, setelan back packer cukup lah. Bawa kamera jangan sampe lupa, moment dimana kamu bakal nyesel kalo gak foto-foto di tempat ini. Sebenernya ada warung-warung kecil sih di sekitaran tempat ini, tapi gak begitu lengkap. Tapi cukup lah buat tempat istirahat sambil ngopi. Kalo kamu bawa kendaraan pribadi harus tau kondisi medan yang bakal di tempuh ke tempat ini. Kalo kamu bawa motor, minimal motor yang ada kopling nya. Ini serius, kalo kamu pake motor matik ya bisa aja, tapi kalo ada apa-apa tanggung sendiri. Kalo misalkan bawa mobil, awas jangan yang ceper, lah kan medan jalan nya juga berbatu sama rusak gitu. Jadi ya mobil yang agak jangkung dan bertenaga lah biar asoy, apalagi kalo jeep kan bisa tenang.

Yow, that's all the information.
Semoga kamu sampai ke tempat ini dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar